Layanan Perpustakaan Digital dengan Aplikasi LIONS di Era VUCA: Studi Kasus di Universitas Dinamika

Authors

  • Maria Nugrahayu Universitas Dinamika
  • Kristin Lebdaningrum Universitas Dinamika

DOI:

https://doi.org/10.59239/jfppti.v2i1.32

Keywords:

Digitalization, Library Service, LIONS, VUCA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menunjukkan bagaimana perpustakaan pada perguruan tinggi khususnya di Universitas Dinamika dalam menghadapi era VUCA (Volatile, Uncertain, Complex, and Ambiguous) di dalam implementasi manajemen dan solusi dengan bantuan layanan digital aplikasi LIONS yang memberikan dampak atau perubahan untuk pemustaka dalam hal pemesanan, peminjaman, pengembalian, pencarian buku, dan unggahan karya ilmiah. Data penelitian ini dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner pada 150 responden yang terdiri dari mahasiswa, dosen, dan karyawan di Universitas Dinamika dan kemudian diperiksa secara kuantitatif dengan menggunakan sebuah Model Use Questionnaire dari Usefulness (kegunaan), Ease of Use (kemudahan penggunaan), Ease of Learning (kemudahan pembelajaran), dan Satisfaction (kepuasan). Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa layanan digital seperti LIONS dapat memberikan kemudahan pada pemustaka dalam menghadapi lingkungan VUCA, untuk tetap dapat menikmati layanan perpustakaan secara online. Hal tersebut ditunjukkan dari respon baik pemustaka terhadap hadirnya layanan online. Maka perpustakaan universitas Dinamika khususnya pustakawan telah berhasil memiliki terobosan layanan digital yang bisa keluar dari jebakan VUCA.

References

Abdul, O., & Saleh, R. (n.d.). Ekosistem Yang Mempengaruhi Pengembangan Pustakawan. In Jurnal Pustakawan Indonesia (Vol. 19, Issue 1).

Ashraf Shah. (2019). Digital Library: Services and its Applications in the Information Age. International Journal of Advance and Innovative Research, 6(1).

Dellaca, M. (2018). Leading Libraries in a VUCA World. Australian Law Librarian, 26(3). https://doi.org/10.3316/agispt.20210909053249

El-kalash, K. I. (2022). Digitisation and Digital Library Services in the 21st Century. December.

Fitriani, D. N. (n.d.). Perpustakaan Menghadapi VUCA di Tengah Pandemi Covid-19. https://www.researchgate.net/publication/344831245

Gao, M., Kortum, P., & Oswald, F. (2018). Psychometric evaluation of the USE (usefulness, satisfaction, and ease of use) questionnaire for reliability and validity. Proceedings of the Human Factors and Ergonomics Society, 3(September 2019), 1414–1418. https://doi.org/10.1177/1541931218621322

Jaskowska, B. (2020a). Management of Academic Libraries in Poland During the COVID-19 Lockdown. Zagadnienia Informacji Naukowej - Studia Informacyjne, 58(2A(116A)), 29–43. https://doi.org/10.36702/zin.702

Jaskowska, B. (2020b). Organizational Flexibility Of Academic Libraries In A Vuca Reality: The Example Of The Functioning Of Libraries During The Covid-19 Epidemic.

Jaskowska, B. (2020c). Management of Academic Libraries in Poland During the COVID-19 Lockdown. Zagadnienia Informacji Naukowej - Studia Informacyjne, 58(2A(116A)), 29–43. https://doi.org/10.36702/zin.702

Kepala, H., Pusat, U. P. T., Uin, P., Kampus, A., Jl, U. I. N. A., & No, S. A. (2002). Layanan Dan Pelayanan Perpustakaan?: Menjawab Tantangan Era Teknologi Informasi. 1–6.

Kumbhar, S. S., & Harake, S. B. (2015). Digital Library Management Challenges and Opportunities. https://www.academia.edu/21434292/Digital_Library_Management_Challenges_and_Opportunities

L. Hastini, R. Fahmi, and H. Lukito, “Apakah Pembelajaran Menggunakan Teknologi dapat Meningkatkan Literasi Manusia pada Generasi Z di Indonesia?”, JAMIKA, vol. 10, no. 1, pp. 12-28, Feb. 2020.

Nursinta, P. M., Rukmana, E. N., & Cms, S. (2021). Jurnal Perpustakaan Universitas Airlangga?: Media Informasi dan Komunikasi Kepustakawanan PADJADJARAN UNIVERSITY LIBRARY SERVICES DURING THE COVID-19 PANDEMIC PELAYANAN PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS PADJADJARAN SELAMA PANDEMI COVID-19 tersebut , lima mengubah . 11(2), 90–100.

Owusu-Ansah, C. M., & Rodrigues, A. da S. (2022). Digital Information and Library Services in ODDE BT - Handbook of Open, Distance and Digital Education (pp. 1–21). Springer Nature Singapore. https://doi.org/10.1007/978-981-19-0351-9_45-2

Surabaya, S. (2022). 2021/2022 Buku Panduan Perpustakaan Universitas Dinamika.

Vaidya, P. (2021). Redesigning Library Services During ‘Re-Tuned Normal’?: Experiences of Librarians Amid Pandemic in India. Kelpro Bulletin, 25(December), 78–95.

Winata, A. P., Fadelina, R., & Basuki, S. (2021a). New normal and library services in Indonesia: a case study of university libraries. Digital Library Perspectives, 37(1), 77–84. https://doi.org/10.1108/DLP-07-2020-0059

Winata, A. P., Fadelina, R., & Basuki, S. (2021b). New normal and library services in Indonesia: a case study of university libraries. Digital Library Perspectives, 37(1), 77–84. https://doi.org/10.1108/DLP-07-2020-0059

Wiratningsih, R. (2021). Towards enhancing online services?: The academic library services during the Covid-19 pandemic. 10(2), 58–73.

Worley, C. G., & Jules, C. (2020). COVID-19’s Uncomfortable Revelations About Agile and Sustainable Organizations in a VUCA World. Journal of Applied Behavioral Science, 56(3), 279–283. https://doi.org/10.1177/0021886320936263

Downloads

Published

2023-12-28

How to Cite

Nugrahayu, M., & Lebdaningrum, K. (2023). Layanan Perpustakaan Digital dengan Aplikasi LIONS di Era VUCA: Studi Kasus di Universitas Dinamika. Jurnal FPPTI, 2(1), 31–40. https://doi.org/10.59239/jfppti.v2i1.32

Issue

Section

Articles