Mengukur Kualitas Layanan Perpustakaan IKPIA Perbanas Di Era Kenormalan Baru Menggunakan LibQual+™
DOI:
https://doi.org/10.59239/jfppti.v1i2.25Keywords:
Kualitas Layanan, LibQual™, Covid-19, Layanan Perpustaan, Perpustakaan Perguruan Tinggi, Kepuasan PemustakaAbstract
This research aims to determine the quality of library services at Institut Keuangan Perbankan dan Informatika Asia (IKPIA) Perbanas during the new standard period. The method used in this research is a quantitative method with a descriptive approach. Data collection techniques include observation, questionnaires, and documentation. The population of this research consists of the entire academic community, totalling 4,044 individuals, with a sample of 98 respondents selected using the Slovin sampling formula. Data analysis is conducted using the LibQual™ model, which measures the gap between the received and expected services by users. The results of the service quality measurement at IKPIA Perbanas Library using LIBQUAL+™ indicate that the respondents are satisfied with the quality of library services. The library's services are considered reasonable and fall within the tolerance zone. However, the library has not been able to meet the actual expectations of the users fully.
References
Aliza, D. N., & Ardoni, A. (2017). Penggunaan Metode Libqual+Tm untuk Mengukur Kualitas Layanan di UPT Perpustakaan UNP. Ilmu Informasi Perpustakaan Dan Kearsipan, 6(1), Article 1.
Amalia, O. N., & Christiani, L. (2020). Analisis Tingkat Kepuasan Pemustaka Terhadap Kualitas Pelayanan Perpustakaan Dengan Metode Libqual+TM (Studi Kasus Di Perpustakaan Politeknik Kementerian Kesehatan Semarang) [Universitas Diponegoro]. https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/7564/
Angraini, A., & Hermaini, N. (2018). Analisis Kualitas Layanan Opac Terhadap Kepuasan Mahasiswa Menggunakan Metode E-Servqual. Jurnal Ilmiah Rekayasa Dan Manajemen Sistem Informasi, 4(1), Article 1. https://doi.org/10.24014/rmsi.v4i1.5017
Dawilis, Y. N. (2022). Evaluasi kualitas layanan perpustakaan menggunakan metode LibQual+Tm di UPT Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Riau. Al-Kuttab?: Jurnal Kajian Perpustakaan, Informasi Dan Kearsipan, 4(2), Article 2. https://doi.org/10.24952/ktb.v4i2.4583
Fatmawati, E. (2011). Kajian Teoritis Mengenai Metode LibQUAL+TM untuk Mengevaluasi Kualitas Layanan Perpustakaan. Libraria Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 1(1), 45.
Fatmawati, E. (2013). Matabaru Penelitian Perpustakaan Dari SERVQUAL ke LibQUAL. Sagung Seto.
Fikri, R., & Prasetyawan, Y. Y. (n.d.). Mengukur Kualitas Layanan Perpustakaan Universitas Semarang Menggunakan LibQual+TM.
Gadis Shella Mutia. (2017). Evaluasi Kualitas Layanan Perpustakaan Umum Daerah Provinsi DKI Jakarta Berdasarkan Metode Libqual. UIN Syarif Hidayatullah.
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Universitas Dipenogoro.
Gloriano, G., & Nugraha, J. (2022). Analisis Kualitas Pelayanan Menggunakan Metode Servqual: Studi Kasus di Perpustakaan Unesa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 10(3), Article 3. https://doi.org/10.26740/jpap.v10n3.p233-245
Keputusan Gubernur Daerah Khusus Ibukota Jakarta Nomor 492 Tahun 2022 Tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 1 Corona Virus Disease 2019, Pub. L. No. NOMOR 492 TAHUN 2022, 15. https://ppid.jakarta.go.id/detail/306/6990
Istiana, P. (2014). Layanan Perpustakaan. Penerbit Ombak.
Khaerudin, M., Irawati, I., Salim, T. A., & Asmyanto, T. (n.d.). Kualitas Layanan Perpustakaan Esa Unggul Dari Sudut Pemustaka (Mahasiswa S1,S2,Dan Dosen ) Menggunakan Metode Libqual+TM.
Lende, P. (2021). Kualitas Layanan Online Perpustakaan Universitas Atma Jaya Yogyakarta di Masa Pandemi Covid19. PIJAR: Jurnal Perpustakaan, Informasi dan Jaringan, 1(1), Article 1.
Mashud, A. R. (2020). Evaluasi kualitas layanan perpustakaan di SMA Negeri 7 Purworejo dalam prespektif libqual+^TM. Pustaka Karya?: Jurnal Ilmiah Ilmu Perpustakaan dan Informasi, 8(2), Article 2. https://doi.org/10.18592/pk.v8i2.5133
Oktaviani, H. R., Saifudin, S., & Puspita, R. E. (2019). Kualitas Layanan Sebagai Strategi Peningkatan Kepuasan Pengunjung Perpustakaan. Pustabiblia: Journal of Library and Information Science, 3(2), 159–174. https://doi.org/10.18326/pustabiblia.v3i2.159-174
Parasuraman, A. P., Zeithaml, V., & Berry, L. (1988). SERVQUAL: A multiple- Item Scale for measuring consumer perceptions of service quality. Journal of Retailing.
Peraturan Kepala Perpustakaan Nasional Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2017 Tentang
Standar Nasional Perpustakaan Perguruan Tinggi, Pub. L. No. Nomor 13 Tahun 2017, Perka_13_2017_SNP_Perpustakaan 12 (2017). https://jdih.perpusnas.go.id/file_peraturan/Perka_13_2017_SNP_Perpustakaan_Perguruan_Tinggi.pdf
Keputusan Kepala Perpusnas Nomor 303 Tahun 2022 tentang Instrumen Akreditasi
Perpustakaan Perguruan Tinggi, Pub. L. No. Nomor 303 Tahun 2022, Nomor 303 Tahun 2022 (2022). https://jdih.perpusnas.go.id/file_peraturan/SK_303_Instrumen_Akreditasi_Perpustakaan_Perguruan_Tinggi_(1).pdf
Primadasa, Y. (2017). Penerapan Metode Servqual Untuk Mengukur Kualitas Pelayanan Perpustakaan Perguruan Tinggi. 2.
Rayhanah. (2019). Evaluasi Kualitas Layanan Perpustakaan Menggunakan Metode Service Quality (Servqual) Di Upt Perpustakaan Uin Raden Fatah Palembang [UIN Raden Fatah Palembang]. http://repository.radenfatah.ac.id/4542/1/cover%20dll.pdf
Kebijakan Rektor No009/Peng-K/IKPIA/VII/2022 perihal Ketentuan Perkuliahan Hybrid dan Offline untuk semester Gasal Tahun Ajaran 2022/2023., Pub. L. No. No009/Peng-K/IKPIA/VII/2022.
Rohman, A. S. (2020). Pengukuran Kualitas Layanan Perpustakaan: Studi Pada Perpustakaan STIE Ekuitas Bandung. Nusantara Journal of Information and Library Studies (N-JILS), 3(1), Article 1. https://doi.org/10.30999/n-jils.v3i1.800
Wicaksono, H. Y. (2018). Analisis Kualitas Layanan Perpustakaan Berdasarkan Metode Libqual+TM.