Analisis AIDA pada Program Kalbis Library Quiz sebagai Media Promosi Perpustakaan kalbis Institute melalui Instagram

Authors

  • Dwi Julyanti Institut Teknologi dan Bisnis Kalbis
  • Santi Delliana Institut Teknologi dan Bisnis Kalbis

Abstract

Di tengah perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, perpustakaan memiliki tantangan yang cukup besar untuk mengimbangi agar tidak ditinggalkan oleh penggunanya. Perpustakaan Kalbis Institute mencobanya dengan cara berpromosi di berbagai media sosial. Saat ini, instagram menjadi salah satu media sosial yang paling luas jangkauannya. Banyak upaya yang dilakukan oleh perpustakaan untuk promosi, salah satunya adalah program Kalbis Library Quiz melalui akun Instagram @kalbislibrary. Perpustakaan memanfaatkan program Kalbis Library Quiz untuk mendapatkan keterlibatan pengikut (engagement). Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis program Kalbis Library Quiz sebagai media promosi menggunakan konsep AIDA (Attention, Interest, Desire, dan Action). Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik observasi yang dilakukan oleh pustakawan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa upaya promosi yang dilakukan perpustakaan Kalbis Institute dalam membuat program Kalbis Library quiz di Instagram cukup memenuhi elemen AIDA yaitu aspek attention. Saat program mulai berjalan, attention bisa dikatakan masih kurang. Namun, dengan inovasi, attention kemudian mulai diperoleh menyusul kemudian dengan action.

Downloads

Published

2022-07-20

How to Cite

Julyanti, D., & Delliana, S. (2022). Analisis AIDA pada Program Kalbis Library Quiz sebagai Media Promosi Perpustakaan kalbis Institute melalui Instagram. Jurnal FPPTI, 1(1), 11–17. Retrieved from https://jurnal.fppti.or.id/index.php/jfppti/article/view/1

Issue

Section

Articles